Menu

Beberapa Cara Mudah Merawat Kusen PVC yang Benar

0 Comments

Cara Mudah Merawat Kusen PVC yang Benar

Bahan PVC populer karena harganya yang ekonomis dan materialnya yang anti air. Selain itu, bahannya yang ringan menjadi fitur kelebihan pemilik rumah dan kontraktor bangunan. PVC (Polyvinyl Chloride) memiliki fitur yang menyerupai bahan plastik, namun dengan struktur yang lebih kuat. Bahan bangunan yang menggunaan bahan ini termasuk kusen jendela, pintu bahkan plafon. Selain unggul dalam berbagai hal, bahan PVC memerlukan perawatan yang sedikit berbeda.

Cara Membersihkan Kusen PVC Yang Benar

Tidak seperti material kayu atau aluminium bahan PVC perlu perawatan yang sedikit berbeda. Penempatannya pada bangunan lebih dititik beratkan pada bagian dalam rumah. Jadi bahan seperti kusen UPVC memiliki fitur tertentu dengan cara pemeliharaan khusus, seperti.

1. Lap Basah

Permukaan kusen yang lebih licin dan mengkilap hanya butuh di lap dengan lap basah. Bagian seperti kusen jendela dan pinggiran pintu PVC tidak terlalu rumit. Bahkan warnanyapun akan terjaga dan tidak mudah pudar. Tidak seperti bahan kayu yang bahkan bisa memuai dibawah sinar matahari terik yang menyilaukan.

2. Air Hangat

Sebagai perlindungan bagi kusen yang terkena kotoran, atau ada debu menumpuk tebal, dapat digunakan air hangat. Selain menggunakan kain lap basah,pakai juga air hangat agar tidak perlu menggosok terlalu kencang bagian yang ingin dibersihkan. Cukup dengan melakukan percikan secukupnya maka dapat merontokkan kotoran yang menempel. Kemudian gunakan lap kering sehingga tidak meninggalkan bekas air yang menganggu.

3. Menggunakan Cairan Khusus

Apabila kusen jendela masih kotor dan tidak hilang dengan air hangat, maka dapat dicoba membersihkan dengan cairan khusus pembersih PVC. Cairan tersebut dapat digunakan dengan mencampurnya dengan air hangat dan lap basah. Kusen akan terlihat lebih bersih dan mengkilap. Terlebih lagi cairan ini cukup mudah didapat dipasaran, karena dijual bebas.

4. Membersihkan Bagian Silikon Kusen

Selain bagian kusen yang terlihat, anda juga harus lebih memperhatikan bagian silikon kusen yang tersembunyi. Bagian yang lembab didalam ini dapat menjadi sarang semut atau debu membandel yang sulit dibersihkan. Kalau dibiarkan menumpuk akan lebih sulit pembersihannya. Pergerakan jendela dan pintu akan terhalang hanya karena terganjal oleh kotoran menumpuk. Bersihkan dengan air mengalir yang banyak untuk membersihkan sampai ke bagian dalam.

5. Cairan Anti Rayap

Anda dapat merawat kusen dan berbagai bahan material PVC sendiri tanya harus menggunakan jasa profesional. Bahkan toko yang jual kusen PVC dan bahan bagunan PVC lainnya juga dapat berbagi tips bagaimana cara merawat bahan interior ruangan berbahan PVC. Salah satunya adalah dengan memberikan lapisan anti rayap. Orang pikir bahan PVC tidak perlu lapisan ini, tidak seperti perabotan yang berbahan kayu. Namun ada musim tertentu, terutama didaerah tropis, yang menguntungkan bila sudah dilapisi cairan ini.

Baca juga: Cara Ampuh Usir Laba-Laba Tanpa Bahan Kimia

6. Cairan Pelumas

Pada bagan hardware seperti engsel atau baut yang menopang daun pintu dengan rangka dinding perlu juga sesekali dilihat dengan seksama. Bila diperlukan gunakan cairan pelumas pada bagian sktupnya, agak daya geraknya optimal. Hal ini sangat bermanfaat untuk memperhalus gerakan kusen yang seret kala dibuka.

7. Membersihkan Hingga Kering

Baik menggunakan air hangat atau cairan khusus, pastikan lapisan PVC dilap sampai  kering. Karena bila tertinggal bercak air dapat terjadinya oksidasi yang akhirnya menimbulkan karat. hindari terbentuknya kerak membandel berbentuk karat yang selain terlihat tidak sedap dipandang juga merusak material PVC.