Menu

Keunggulan dan Harga Jual Lampu LED, Lampu Dengan Teknologi Masa Depan

0 Comments

 

Keunggulan dan Harga Jual Lampu LED

Lampu LED atau light emitting diode merupakan teknologi masa depan yang memiliki segudang keunggulan. Kini lampu LED hadir hampir di semua perangkat kehidupan, dahulu LED hanya umum hadir di perangkat ponsel atau komputer, namun kini menyaingi lampu neon dan bohlam, LED hadir bahkan sampai di perangkat korek. LED digadang-gadang sebagai teknologi masa depan karena kemampuannya yang hanya mengkonsumsi sedikit energi dan mampu menekan laju pemanasan global. Kini lampu LED difungsikan di banyak sektor seperti untuk menerangkan rumah, untuk menerangkan jalanan, melancarkan lalu lintas, adversiting, interior maupun eksterior gedung, dan masih banyak lagi. Karena pemakaian lampu LED yang meluas, produsen maupun distributor jual lampu LED pun tersebar luas di pasaran, salah satunya adalah lampu LED philips.

Keunggulan Menggunakan Lampu LED

Lampu LED sebagai teknologi masa depan memiliki banyak keunggulan, di antaranya:

1. Hemat energi

Cahaya yang dihasilkan lampu LED lebih besar per 1 watt dibandingkan lampu biasanya yang memiliki ukuran watt yang sama. Artinya lampu LED mengkonsumsi lebih sedikit daya dibanding lampu yang lain, lampu LED 3 W dianggap setara dengan lampu lain yang berkapasitas 40 W. Itulah mengapa lampu LED disebut sebagai lampu masa depan karena mampu menghasilkan penerangan dengan konsumsi energi yang sedikit.

2. Cahaya lebih terang

Lampu LED mampu menghasilkan intensitas penerangan yang lebih besar dibanding lampu lain dengan ukuran watt yang sama. Sebagai perbandingan, jika dalam per-watt lampu LED dapat menghasilkan intensitas cahaya sebesar 84 lumens, maka lampu CFL (Compact Flourescence Lamp) hanya 55.4 lumens dan lampu pijar 14.3 lumens. Perbedaannya terpaut cukup jauh.

3. Usia lebih panjang

Menurut beberapa sumber, ada yang mengatakan lampu LED mampu hidup selama 10 sampai 15 tahun, ada juga yang mengatakan 8 tahun. Namun berapapun usianya, lampu LED tetap mampu bertahan lebih lama dibanding lampu lain.


Baca ini juga: Inilah Alasan Mengapa Anda Wajib Punya AC Berdiri di Rumah


4. Hemat

Karena konsumsi energi yang rendah dan usia yang panjang, lampu LED mampu membantu menghemat biaya baik biaya pembayaran listrik maupun biaya pembelian lampu per tahunnya.

5. Tidak kelebihan panas

Lampu biasanya menjadi salah satu penyebab kebakaran karena semakin tinggi intensitas penerangan lampu akan menghasilkan panas yang semakin tinggi. Tapi hal ini tidak berlaku pada lampu LED, walaupun intensitas penerangannya tinggi, lampu LED tidak menghasilkan panas yang berlebihan.

6. Ramah lingkungan

Lampu LED tidak menggunakan gas halogen dan material tungsten sehingga aman bagi lingkungan sekitarnya, selain itu kaca yang dipasang juga tahan dan anti pecah sehingga tidak akan membahayakan.

7. Langsung terang

Lampu lain biasanya membutuhkan waktu beberapa saat untuk sampai pada optimal penerangan, tapi lampu LED sejak saat dinyalakan pun langsung memancarkan cahaya yang optimal.

Harga Jual Lampu LED

Harga Jual Lampu LED

Harga jual lampu LED memang cenderung lebih mahal dibandig dengan jenis lampu lainnya, jika harga 54.000 lampu biasa mampu mengantongi 45 watt, maka 54.000 LED hanya mampu mengantongi 9 watt. Memang harga yang terpaut jauh, namun jika melihat dari keunggulannya, jelas lampu LED mampu menawarkan banyak keunggulan.

Salah satu produsen lampu LED adalah philips, lampu LED philips menawarkan keunggulan seperti cahaya putih yang hangat, hemat energi, kualitas cahaya yang tinggi, hingga kemampuan lampu yang dapat diredupkan. Harga lampu LED philips sangat bervariasi tergantung ukuran watt dan jenisnya.

Baik lampu LED produksi philips maupun produksi lainnya, tetap saja menawarkan keunggulan yang sama. Maka dari itu, ketika zaman semakin maju, maka sudah sepatutnya menggunakan lampu pun lampu yang memiliki teknologi terdepan.