Menu

Menghadirkan Kesan Berkelas, Gunakan Kaca Tempered Pada 4 Unsur Penting Ini!

0 Comments

Kaca memiliki sejarah panjang dalam perizinannya untuk bangunan. Mungkin sebab hal itulah yang membuat kaca memiliki hal yang istimewa sehingga banyak diminati sebagai material konstruksi bangunan. Baik kantor, gedung komersil, maupun rumah hunian sering kali menggunakan material kaca sebagai unsur pendukung dan pelengkap. Sifat kaca yang tembus pandanga dan juga bisa dijadikan semi tembus pandang, bahkan tidak tembus pandang pun bisa, membuat kaca semakin fleksibel digunakan untuk beberapa aplikasi elemen konstruksi. Kaca bahkan juga bisa dibuat dalam mode reflektif. Penggunaan kaca yang tepat pada konstruksi bangunan bisa menambah nilai estetika suatu bangunan juga membangun kesan mewah. Kaca yang digunakan pun tidak sembarangan. Untuk beberapa alasan kaca tempered dipilih karena tingkat keamanannya yang sangat baik.

4 Unsur Penting Penggunaan Kaca Tempered Dalam Suatu Kontruksi

Sebagai pertimbangan Anda dalam menghadirkan kesan berkelas, berikut kami berikan ulasan tentang penggunaan kaca jenis tempered pada empat unsur penting konstruksi bangunan.

1. Dinding

Memang pada umumnya kaca diperuntukkan jendela. Namun pada saat ini bukan hal yang aneh lagi kalau kaca dijadikan material untuk dinding. Penggunaan kaca pada dinding banyak diterapkan pada kafe, restauran, kantor, gedung perpustakaan dan gedung botani yang sengaja memasang kaca sebagai dinding agar bisa terlihat dari luar. Bahkan saat ini ada juga rumah yang mengadopsi kaca sebagai dinding meski tidak secara keseluruhan. Bentuk kaca dapat disesuaikan dengan selera di tempat jual kaca tempered. Apakah hendak dipasang sebagai partisi indoor, partisi outdoor, atau dinding pada bagian muka.

Meski bisa memberikan kesan elegan, ada baiknya penggunaan kaca dilengkapi dengan gorden yang tepat agar privasi tetap terjaga. Misalnya pada kantor yang memang tidak diperkenankan bagian dalam terekspos dari luar. Untuk itu Anda bisa gunakan gorden dengan jenis blinding roller.

2. Pintu

Hampir sama dengan penggunaan kaca pada dinding. Untuk melengkapi tema, kaca pada dinding akan lebih serasi jika pintunya pun terbuat dari tempered. Selain menyelaraskan tema dan material, penggunaan kaca pada pintu bisa memberikan berbagai macam kesan. Mulai dari minimalis, natural dan elegan. Pintu yang terbuat dari kaca bisa dipalikasikan sesuai kreasi dan selera. Biasanya akan digunakan sebagai pintu geser atau pintu putar seperti pada gedung perkantoran.

Baca juga: 5 Tips Mudah untuk Menjaga Gudang di Rumah Tetap Bersih

3. Lantai

Selama ini kita tahu bahwa material lantai disusun dari keramik atau pun lantai kayu. Namun siapa sangka bahwa lantai juga bisa menggunakan material kaca. Tentu kaca yang digunakan bukan sembarang kaca. Kaca yang digunakan adalah jenis tempered yang memiliki ketahanan beban yang baik dan apabila pecah maka serpihannya tidak akan berantakan. Hal ini menjadi keunggulan yang ditawarkan oleh toko yang jual kaca tempered bahwa faktor keamanannya lebih tinggi.

Lantai kaca banyak digunakan untuk memberikan sensasi yang tersembunyi di balik kaca. Sebab biasanya berisi rerumputan atau perairan. Di beberapa negara, justru sengaja membangun jembatan yang terbuat dari kaca agar para pengunjungnya bisa merasakan sensasi menyebrangi ketinggian dengan melihatnya secara langsung.

4. Kanopi

Lain lagi halnya dengan yang satu ini. Kaca bisa juga digunakan sebagai kanopi rumah. Tidak berhenti di situ saja. Kanopi yang terbuat dari kaca jenis tempered dengan bentuk geometris seolah kubah bisa memberikan kesan artsy dan mewah yang kental. Model penggunaan kaca seperti ini sudah banyak diterapkan untuk berbagai bangunan di luar negeri. Hasilnya, banyak sekali yang melikirk dan berhasil menjadi bangunan iconic.