Menu

Pemasangan Sistem Instalasi Gas Untuk Kebutuhan Dapur Restoran

0 Comments

Dalam sebuah pembangunan restoran hal paling penting adalah dapur yang menjadi fokus utama yang menjadi tempat berjalannya sebuah restoran. Dalam membangun sebuah dapur untuk restoran ini tentu saja harus memperhatikan banyak hal, termasuk dalam pengamanan sistem intalasi gas yang sangat diperlukan. Pemasangan instalasi gas pada restoran ini sendiri perlu didampingi oleh kontraktor HVAC agar dapur mendapatkan sirkulasi udara yang terjamin. Dalam pemasangan gas pada bagian dapur ini harus dapat direncanakan dengan benar, karena jika terjadi kebocoran gas tentu saja akan sangat berbahaya. Pada saat pemasangan instalasi gas ini terdapat beberapa bagian yang perlu harus memenuhi syarat.

Sistem Instalasi Gas Untuk Kebutuhan Dapur Restoran

Bagian-bagian Yang Harus Memenuhi Syarat Pemasangan Sistem Instalasi Gas Pada Restoran 

Sebuah sistem instalasi gas pada dapur sebuah restoran dapat dikatakan sangat berfungsi dan mempunyai kinerja yang maksimal, jika bagian-bagian di bawah ini sendiri sudah memenuhi syarat yang ada. Berikut adalah bagian dari instalasi gas yang perlu untuk Anda penuhi syaratnya :

1. Instalasi Sentral Gas

Instalasi sentral gas sangatlah penting, di mana biasanya sebuah restoran kecil akan membutuhkan 2 hingga 5 tabung gas, bahkan ada beberapa restoran yang membutuhkan hingga 10 tabung gas. Oleh karena itu, ada baiknya dalam ruangan untuk meletakan gas ini terpisah dari tempat lain. Hal ini untuk dapat menghemat ruangan dan juga mementingkan keamanan para pekerja dapur jika ada masalah pada gas. Jasa instalasi listrik sendiri akan membantu pemasangan gas ini dapat tepat dan juga sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan.

2. Instalasi Jalur Pipa Gas

Untuk menghubungkan tabung pada sentral gas menuju ke peralatan masak di dapur, maka dibutuhkan beberapa pipa besi yang akan mengalirkan gas. Bahan dari pipa ini sendiri biasanya menggunakan seamless blacksteel, di mana pipa-pipa ini sendiri akan disambungkan dengan cara di las agar kuat. Untuk ukuran diameter pipa sendiri biasanya disesuaikan dengan volume gas yang akan digunakan. Untuk pemasangan jalur pipa ini lebih baik konsultasi kontraktor HVAC. Sedangkan pada bagian output dan input sendiri biasanya akan disesuaikan dengan jenis kompor apa yang digunakan. Karena ada jenis kompor dengan high pressure, medium pressure dan low pressure.

Baca juga: Rumah Terang Tanpa Lampu, Ini Rahasianya!

3. Sistem Pangamanan Instalasi Gas

Pada sistem pengamanan instalasi gas ini terdiri dari 2 jenis  yaitu bypass, panel kontrol dan detektor gas alam. Bypass ini sendiri sangat dibutuhkan jika terjadi kebocoran maka secara otomatis pipa akan tertutup dengan cara memutuskan aliran listrik, yang mana Anda harus dapat mengkonsultasikannya dengan jasa instalasi listrik. Sedangkan untuk panel kontrol dan detektor gas alam sendiri sama bekerjanya dengan bypass, di mana biasanya hal ini digunakan pada sebuah mall ataupun gedung, di mana akan mendekteksi adanya kebocoran dan langsung mematikan sentral gas dengan cara pemutusan listrik.

Itu adalah beberapa bagian yang harus dapat memenuhi syarat pada saat pemasangan sistem instalasi gas pada restoran. Untuk pemasangan instalasi gas ini Anda harus bekerja sama dengan beberapa elemen seperti jasa instalasi listrik dan juga HVAC. Sebaiknya pada saat pembuatan dapur dan juga sistem instalasi gas harus direncanakan dengan sangat matang, karena kesalahan pemasangan tentu saja akan sangat fatal. Belum lagi adanya bahaya dari gas bocor dan lain sebagainya, jadi ada baiknya Anda dapat lebih memilih kontraktor yang terpercaya dalam pembuatan dapur beserta instalasi gasnya.